Kamis, 07 April 2011

Tidur Bikin Konsen

Kenapa yah di kelas itu selaluuu ngantuukkk mulu… Sang ahli menyarankan untuk yang berumur 11 sampai 20 tahun itu perlu tidur 9,25 jam setiap malam tanpa terganggu. Nah tapi kenyataanya kebanyakan remaja itu tidurnya cuma 7 jam setiap malamnya… Maka dari itu selalu ngantuk n gak konsen di kelas.

Kita itu punya “jam biologi” (biological clock) yang harus di “reset” setiap harinya (maksudnya tidur). Selagi kita tidur, badan kita membuang racun-racun yang gak berguna dan mengontrol hormon – hormon kita.

Sekolah mulainya jam 7 pagi, berarti harus tidur sekitar jam 9 malem n bangun jam 6 pagi. Waduuuuhhhh tidur jam 9 malemmm??? Gak salahhh? Belom ngantuk ituuuu! Gimana caranya supaya ngantuk jam 9 malem?

* Jangan minum teh, kopi, alcohol, atau merokok.
* Relax aja sebelom mau tidur, jangan teleponan, bbm-an, maen video game/computer, apalagi olahraga… nyantai aja… gak melakukan activitas apapun
* Jangan nyalain lampu yang terlalu terang… bikin suasana yang PW (yg bikin ngantuk)
* Jangan bergadang kemaleman pas weekend. Jadi misalnya kamu biasa tidur jam 9 malem… Pas weekend jangan tidur lebih dari jam 12 malem… Karena nanti bisa menggangu jadwal normal kamu.

1 komentar:

Sulaiman Gayo mengatakan...

hahaha,,,
mau jadi apa dek kalau kita tidur jam sgtoo,,
apa hidup ini hanya untuk tidur,, hmmm..??? :(

semua itu juga tergntung pd kebiasaan orang masing2, tidur banyak2 itu bisa juga bikin kita bego'',,, haha

Posting Komentar