Senin, 18 April 2011

Perubahan

Pada dasarnya manusia itu tidak suka perubahan, banyak yang takut dengan perubahan itu. Tapi ternyata, perubahan itu sering kali membuat kita justru lebih baik!
Pertumbuhan = make God smile ;)
Perubahan baik disengaja ataupun tidak, akan memiliki efek yang nantinya akan membuat seseorang bertumbuh. Mungkin orang itu sendiri tidak bisa menyadari tapi orang-orang disekitarnya tentu akan merasakannya. Tidak ada perubahan yang terjadi tanpa diikuti pertumbuhan, saat kita belajar menerima dengan iklas kita akan mendapatkan sesuatu yang manis dari itu semua. Mungkin awalnya akan terasa pahit / asam / asin, atau apalah, tapi pada akhirnya itu semua akan membuat kita tersenyum bahagia karena memang itulah yang Tuhan rancang. Melihat kita bertumbuh menjadi lebih dewasa akan menjadi kebahagiaan Tuhan, dan apalagi yang menjadi tujuan hidup kita selain membuat Tuhan tersenyum?
Pengenalan atas diri sendiri
Perubahan juga membuat kita menjadi lebih tahu tentang siapa diri kita sebenarnya. Saya pernah baca ada suatu quote “diri kita yang sesungguhnya adalah ketika tidak ada orang yang melihat kita”. Saya rasa itu benar, dan itu tidak akan kita ketahui kalau tidak ada perubahan, dari yang awalnya banyak orang ketempat yang tidak banyak orang. Perubahan yang terjadi biasanya akan memancing kita bertahan dengan cara yang kreatif, yang mungkin awalnya kita tidak tahu kalau kita sanggup melakukan hal itu.
Berpegang pada Tuhan
Saat perubahan terjadi, biasanya semuanya tampak tidak jelas dan tidak meyakinkan. Mungkin kita punya cita-cita atau visi hidup yang sudah dirancang matang-matang, namun saat perubahan terjadi semua itu terasa mengambang dan tidak pasti. Dan disitu kita akan belajar arti dari berserah kepada Tuhan.
Nothing last forever
Perubahan juga mengingatkan kita bahwa tidak ada sesuatu yang abadi di bawah kolong langit ini. Dan disitu kita akan belajar tahu, bahwa ada kuasa yang besar dari manusia karena tidak ada apapun juga yang bisa diandalkan apapun itu selain dari pada Tuhan.
Matahari bisa lenyap, langit bumi bisa bergoncang, tidak ada yang abadi kecuali kasih Yesus yang terus tinggal tetap.

0 komentar:

Poskan Komentar